Google dimulai pada bulan Maret 1996 sebagai proyek riset
oleh Larry Page dan Sergey Brin, Ph.D. mahasiswa di Stanford bekerja di
Stanford Digital Library Project (SDLP). Tujuan yang SDLP adalah
“untuk
mengembangkan teknologi yang memungkinkan untuk satu, terpadu dan universal
perpustakaan digital.”
Dan didanai melalui National Science Foundation antara
lain agen-agen federal.
Di cari tema disertasi, Menjelajahi halaman dianggap sifat-sifat matematis antara lan World Wide Web, pemahaman yang struktur link sebagai grafik besar.
Di cari tema disertasi, Menjelajahi halaman dianggap sifat-sifat matematis antara lan World Wide Web, pemahaman yang struktur link sebagai grafik besar.
Terry Winograd pengawasnya mendorongnya untuk memilih ide
ini (yang Page kemudian diingat sebagai ” Saran terbaik yang pernah saya
mendapat “) dan Page difokuskan pada masalah mencari halaman web yang link ke
suatu halaman tertentu, mengingat jumlah dan sifat backlink tersebut menjadi
informasi berharga tentang halaman tersebut (dengan peran kutipan dalam penerbitan
akademik dalam pikiran).
Dalam proyek penelitian, yang dijuluki “BackRub”, ia
segera bergabung dengan Sergey Brin, sesama mahasiswa Ph.D. Stanford didukung
oleh National Science Foundation Graduate Fellowship.
Brin adalah seorang teman dekat, yang Page telah pertama kali bertemu pada musim panas 1995 sekelompok mahasiswa baru yang potensial yang Brin telah menawarkan diri untuk acara seputar kampus.
Brin adalah seorang teman dekat, yang Page telah pertama kali bertemu pada musim panas 1995 sekelompok mahasiswa baru yang potensial yang Brin telah menawarkan diri untuk acara seputar kampus.
Page penjelajah web menjelajahi web mulai Maret 1996,
menetapkan keluar dari halaman itu sendiri Stanford home page sebagai
satu-satunya titik awal.
Untuk mengkonversi backlink data yang dikumpulkan ke
dalam suatu ukuran yang penting untuk suatu halaman web, Brin dan Page mengembangkan
algoritma PageRank.
Menganalisis BackRub yang output, untuk URL yang
diberikan, terdiri dari daftar peringkat link balik oleh hal penting itu
terjadi kepada mereka bahwa sebuah mesin pencari berdasarkan PageRank akan
menghasilkan hasil yang lebih baik daripada teknik yang sudah ada (mesin
pencari yang ada pada saat dasarnya menilai hasil berdasarkan berapa kali
pencarian tersebut muncul pada halaman).
Sebuah mesin pencari kecil bernama RankDex sudah menjajaki strategi yang sama.
Sebuah mesin pencari kecil bernama RankDex sudah menjajaki strategi yang sama.
Awalnya mesin pencari tersebut menggunakan website
Stanford dengan domain google.stanford.edu.
Domain google.com diregistrasikan pada 15 September 1997.
Domain google.com diregistrasikan pada 15 September 1997.
Mereka secara resmi menggabungkan perusahaan mereka,
Google Inc, pada 4 September 1998 pada sebuah garasi rumah di Menlo Park,
California.
Baik Brin dan Page telah telah melawan menggunakan iklan
pop-up pada sebuah mesin pencari, atau “didanai iklan mesin pencari” model, dan
mereka menulis makalah penelitian pada tahun 1998 mengenai topik saat masih
mahasiswa.
1
|
Nama “Google” berasal dari kesalahan ejaan dari “googol,”
yang mengacu pada jumlah diwakili oleh 1 yang diikuti oleh seratus nol
(meskipun Enid Blyton menggunakan kata dekade sebelumnya di “Google Bun” — Bab
IX, The Magic Faraway Tree).
Setelah menemukan jalannya semakin ke dalam bahasa
sehari-hari, kata kerja, “google,” telah ditambahkan ke dalam Merriam Webster
Collegiate Dictionary dan Oxford Dictionary Inggris pada tahun 2006, yang berarti,
“untuk menggunakan mesin pencari Google untuk memperoleh informasi di
Internet.”
Pada akhir tahun 1998, Google memiliki indeks dari
sekitar 60 juta halaman.
Halaman Rumah itu masih ditandai “BETA”, tapi sebuah artikel di Salon.com sudah berpendapat bahwa hasil pencarian Google lebih baik daripada pesaing seperti Hotbot atau Excite.com, dan memuji itu untuk menjadi lebih teknologi inovatif daripada overload situs portal (seperti Yahoo!, Excite.com, Lycos, Netscape Netcentre, AOL.com, Go.com dan MSN.com) yang pada saat itu, selama semakin dot-com bubble, dipandang sebagai “masa depan Web”, terutama oleh investor pasar saham.
Halaman Rumah itu masih ditandai “BETA”, tapi sebuah artikel di Salon.com sudah berpendapat bahwa hasil pencarian Google lebih baik daripada pesaing seperti Hotbot atau Excite.com, dan memuji itu untuk menjadi lebih teknologi inovatif daripada overload situs portal (seperti Yahoo!, Excite.com, Lycos, Netscape Netcentre, AOL.com, Go.com dan MSN.com) yang pada saat itu, selama semakin dot-com bubble, dipandang sebagai “masa depan Web”, terutama oleh investor pasar saham.
Pada bulan Maret 1999, perusahaan tersebut pindah ke
kantor di 165 University Avenue di Palo Alto, rumah bagi beberapa dicatat teknologi
di Silicon Valley.
Setelah cepat tumbuh melampaui dua situs lainnya,
perusahaan ini menyewa sebuah kompleks bangunan di Mountain View di 1600
Amphitheatre Parkway dari Silicon Graphics (SGI) pada tahun 1999.
Perusahaan ini telah tetap di lokasi ini sejak itu, dan kompleks ini sejak menjadi dikenal sebagai Googleplex (plesetan dari kata Googolplex, nilai googol dikalikan dengan kekuatan googol).
Perusahaan ini telah tetap di lokasi ini sejak itu, dan kompleks ini sejak menjadi dikenal sebagai Googleplex (plesetan dari kata Googolplex, nilai googol dikalikan dengan kekuatan googol).
Pada tahun 2006, Google membeli properti dari SGI sebesar
$ 319 juta.
Mesin pencari Google menarik pelanggan setia di antara
meningkatnya jumlah pengguna Internet, yang menyukai desain sederhana.
Pada tahun 2000, Google mulai menjual iklan yang
dikaitkan dengan kata kunci pencarian.
Iklan-iklan berbasis teks mempertahankan uncluttered desain halaman dan untuk memaksimalkan kecepatan loading halaman.
Iklan-iklan berbasis teks mempertahankan uncluttered desain halaman dan untuk memaksimalkan kecepatan loading halaman.
Kata kunci dijual berdasarkan pada kombinasi tawaran
harga dan klik-through, dengan penawaran dimulai pada $ .05 per klik.
Model penjualan iklan
kata kunci dirintis oleh Goto . com (kemudian berganti nama menjadi Overture
Services, sebelum diambil alih oleh Yahoo! dan diganti merek menjadi Yahoo!
Search Marketing).Walaupun banyak dari pesaing dot-com gagal dalam pasaran Internet baru,
Google diam-diam naik bertubuh sambil menghasilkan pendapatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar